PENGAMANAN JALANMASUK


Jalanmasuk gerbang sembarang transistor MOS tampak bagaikan sebuah kondensator sangat kecil     (<1 pf) yang membocorkan (< 10-12 A).

Kalau tidak ada pencegahan, jalanmasuk ini akan dapat di isi muatan secara elektronik sampai mencapai tegangan tinggi yang menyebabkan dadalan yang merusak hingga peranti pun rusak secara permanen. Karena itu semua jalanmasuk CMOS dilengkapi pengamanan oleh kombinasi deretan resistor yang dijajari dioda-dioda. Tiap pabrik menerapkan caranya sendiri-sendiri; ada yang menerapkan satu dioda, ada yang menerapkan dua dioda, lain lagi menerapkan sebuah resistor bersama sebuah dioda lapik parasit (parasitic subtrate).
Tiap anggota rumpun Fairchild 4000B menerapkan sebuah deretan resistor, biasanya 200, dan dua dioda, satu ke VDD, yang lain ke VSS (gambar 8). Resistornya adalah ‘resistor nyata’ dari polysilikon tanpa dioda lapik parasit. Ini menjamin bahwa impedansi masukan adalah selalu paling kecil 200 dalam sebuah kondisi panjaran, juga meskipun VDD terhubung singkat pada VSS. Dioda lapik parasit akan merupakan jajaran yang sangat kecil bagi VSS dalam kondisi khusus ini.
Dioda-dioda menempatkan perosotan tegangan maju 0,9V pada 1 mA dan dadalan terbalik 20 V bagi D1, dan 20 V bagi D2. Untuk penerapan khusus tertentu seperti misalnya osilator, dioda-dioda benar menghantar selama pengoperasian normal. Namun arus harus dibatasi sampai 10 mA.



Baca selengkapnya tentang Karakteristik CMOS

No comments:

Post a Comment