KEKEBALAN DESAH


Salah satu hal yang paling banyak di iklankan dan juga menimbulkan salah faham paling besar adalah sifat kekebalan terhadap desah yang ada pada CMOS. Ambang nasukan sebuah gerbang CMOS adalah 50% dari tegangan catu dan lengkung tegangannya adalah hampir memenuhi idaman.
Walhasil, CMOS dapat  membanggakan diri memiliki kekebalan tegangan desah yang sangat baik, lumrahnya 45% dari tegangan catu, yaitu 2,25 V dalam sistem 5 V, 4,5 V, dalam sistem 10 V. Kalau ini ditandingkan dengan lengkung transfer TTL di gambar 7, maka kekebalan desahnya yang 1 V dan dalam kondisi yang paling jelek 0,4 V.
Impedansi keluaran CMOS, tegangan keluaran dan ambang masukan adalah simetrik terhadap tegangan catu; karena itu kekebalan taraf desah RENDAH dan TINGGI adalah praktis sama. Karena itu pula sebuah sistem CMOS dapat bertoleransi terhadap perosotan (drop) bumi atau VDD dan desah pada saluran catu ini lebih dari 1 V, juga meskipun dalam sistem 5 V. Selain itu, tundaan CMOS yang inheren bertindak sebagai tapis desah; paku-paku 10 ndet condong lenyap di dalam rantai gerbang-gerbang CMOS, tetapi dalam rantai gerbang TTL mereka dikuatkan. Oleh keistimewaan ini, CMOS adalah sangat populer bagi para perancang kelengkapan kemudi industri yang harus bekerja dalam llingkungan yang penuh cemaran listrik dan elektromagnet.
Sayang sekali bahwa pertelaan longgaran desah yang baik ini dikecilkan artimya oleh satu fakta penting : impedansi keluaran CMOS adalah 10 sampai 100 kali tinggi dari yang ada pada TTL. Karena itu antar koneksi CMOS adalah kurang “kaku” (stiff) dan lebih dapat menerima desah yang terkopel secara kapasitas. Dalam hal bicara-silang arus yang diinjeksikan semacam itu berasal dari tegangan desah tinggi lewat kapasitas,kopling kecil maka CMOS memiliki kira-kira 6-kali kecil longgaran desah ketimbang TTL. Untuk menarik keluaran TTL ke daerah ambang diperlukan lebih dari 20 mA, namun untuk CMOS diperlukan  hanya 3 mA untuk menariknya ke daerah ambang dalam sistem 5 V.
Karakteristik transfer yang hampir memenuhi idaman  dan tanggapan yang lambat pada rangkaian CMOS membuat mereka takpeka terhadap tegangan desah yang terkopel secara magnet. Namun impedansi yang tinggi menghasilkan tolakan yang lemah akan desah yang terkopel secara kapasitas.



Baca selengkapnya tentang Karakteristik CMOS

No comments:

Post a Comment